Selasa, 05 April 2016

Lukisan Dinding Sekolah yang Mendidik

Lukisan dinding sekolah yang mendidik memang disarankan agar para murid yang melihatnya menjadi terhibur sekaligus mendapatkan pesan-pesan positif dari lukisan tersebut. Memang, untuk lukisan mural dinding sekolah kita tidak hanya memikirkan keindahannya saja, tapi juga pesan-pesan apa yang bisa kita sampaikan kepada murid-murid melalui lukisan dinding tersebut.

Ada banyak pesan moral yang dapat kita sisipkan dalam lukisan di dinding sekolah. Pesan moral yang disampaikan juga disesuaikan dengan usia murid. Untuk lukisan dinding sekolah TK misalnya, maka pesan moral yang disampaikan juga yang sederhana saja.

Pesan moral tersebut misalnya adalah :

  1. Buanglah sampah pada tempatnya
  2. Sholat 5 waktu / Taat beribadah
  3. Kebersihan adalah sebagian dari iman
  4. Menghormati orang tua dan guru
  5. Menyayangi teman-teman
  6. Rajin belajar, dan sebagainya

Seringkali kita masih menemukan pesan-pesan ini hanya berupa tulisan formal saja yang dipajang di dinding sekolah. Saat ini metode seperti itu dinilai kurang efektif, karena hanya tulisan saja sehingga kurang mendapat perhatian dari anak-anak / murid.

Melalui contoh lukisan dinding sekolah, kita dapat menyisipkan pesan-pesan moral yang mendidik di dalam lukisan. Pesan tersebut tidak hanya terwujud dalam tulisan, tapi juga diwujudkan melalui gambar. Misal, lukisan dinding sekolah dasar dengan objek anak-anak sedang bermain dan belajar bersama-sama, sedang menuju tempat ibadah, sedang mencium tangan guru dan orang tuanya, dan lain-lain.

Dengan cara ini tentu lebih menarik bagi anak-anak seusianya, dan mereka lebih mudah untuk melakukannya karena tinggal melihat dan meniru saja dari apa yang terlukis di dinding sekolahnya.

Contoh Lukisan Dinding Sekolah







Contoh Lukisan Dinding Sekolah TK



Konsep Lukisan Dinding Sekolah

Share:

0 komentar:

Posting Komentar